Pengertian dan Definisi Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Karakter Anak - Pendidikan moral atau pendidikan karakter dalam sebuah konteks sekarang sangatlah relevan untuk menghadapi krisis moral di negara kita. Inilah krisis moral yakni meningkatnya pergaulan bebas, adanya kekerasan pada anak dan remaja, kejahatan kepada teman, pencurian, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat obatan, oleh sebab itu betapa pentingnya pendidikan karakter untuk anak.

Ulasan pendidikan karakter menurut para ahli
Menurut Lickona, karakter adalah sesuatu yang berkaitan dengan konsep moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini dapat diketahui bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan yang berhubungan dengan kebaikan, berkeinginan berbuat baik, serta melakukan perbuatan kebaikan.

Pendidikan Karakter Menurut Lickona sendiri Secara sederhana karakter didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Bisa diartikan  suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.

Pendidikan menurut Suyanto (2009) dapat didefinisikan karakter adalah cara berpikir atau berperilaku yang menjadi ciri khas bagi setiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam segi lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun  negara.

Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya Karakter yaitu ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri tersebut asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, serta merupakan “mesin” yang dapat mendorong bagaimana seorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu

Menurut  kamus Besar psikologi, karakter ialah kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis atau moral, semisal kejujuran seseorang, biasanya berkaitan dengan sifat yang relatif tetap

18 butir nilai-nilai pendidikan karakter
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, individual, Demokratis, Rasa Ingin keingintahuan, optimis Kebangsaan, Cinta terhadap tanah air, Menghargai prestasi, Berteman, komunikatif,Cinta Damai, suka membaca, Peduli akan lingkungan, Peduli social, Bertanggung jawab.

Pendidikan karakter selalu menjadi perhatian berbagai negara untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan untuk individu warga negara saja, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter dapat diartikan (usaha  secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah untuk membantu pembentukan karakter secara optimal)

Pendidikan karakter membutuhkan metode khusus yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Ada beberapa metode pembentukan metode pembelajaran yang sesuai adalah metode keteladanan,  metode pembiasaan, dan metode pujian dan hukuman. Metode tersebut bisa dikatakan kunci sukse pembentukan karakter jadi anda bisa memulainya dimanapun dan kapanpun

Sedikit penjelasan pengertian pendidikan karakter menurut para ahli serta metode pembentukan karakter yang tepat semoga bermanfaat.

Ketik dan Tekan Enter