6 Cara Meningkatkan Minat serta Motivasi Belajar Siswa

6 Cara Meningkatkan Minat serta Motivasi Belajar Siswa

6 Cara Meningkatkan Minat serta Motivasi Belajar Siswa
Tips Ngajar - Mengajar di kelas siswa yang memiliki minat belajar tinggi.  Pastinya akan sangat menyenangkan bagi semua guru pendidik. butuh cara pembelajaran yang maksimal, terus Bagaimana jika rata-rata minat belajar siswanya rendah? meri kita bahas tips meningkatkan belajar siswa

Siswa dengan minat belajar rendah ditandai dengan sering perilaku menyimpang yang sering muncul selama belajar. Dapat dikatakan kalau guru lebih banyak mengurus perilaku siswa yang menghambat kelancaran pembelajaran didalam kelas akhirnya hanya fokus pada murid itu saja.

sehingga Waktu belajar lebih banyak tersita untuk memberi menasehati siswa tersebut. apa yang menjadi Tujuan pembelajaran yang sudah dirancang yaitu perangkat mengajar besar kemungkinannya tidak tercapai dengan efektif.

Mengatasi persoalan mengajar yang minat belajar siswa yang rendah dapat diaksimalkan dengan langkah langkah berikut

1.  Strategi mengajar psikologis
kelas yang memiliki siswa rata-rata dengan minat belajar rendah diperlukan pendekatan psikologis dan demokratis yang tepat. Pendekatan ini lebih mengarahkan pembelajaran pada pertanyaan, apa dan bagaimana keinginan siswa dalam belajar?. Seperti apa metode dan cara mengajar yang disukai siswa.
Guru akan berusaha semaksimal mungkinmemenuhi kebutuhan dan keinginan siswa dalam pembelajaran yang rendah minat belajar.

2. Metode mengajar bervariasi
Guru perlu memilih metode mengajar sesuai karakter dan kebutuhan siswa.  Penggunaan multi-metode secara bervariasi menajadi langkah tepat. untuk meningkatkan belajar siswa
Terkadang guru perlu mengambil tindakan untuk memilih metode ‘dadakan’ ketika pembelajaran berlangsung. Dikatakan metode dadakan karena tidak dirancang dalam perangkat mengajar yang dimiliki guru, guru harus bisa mempunyai gaya agar siswa tidak jenuh.

3. Gaya mengajar asyik
Gaya mengajar guru berbeda satu dengan yang lainnya. Tapi menghadapi siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, gaya mengajar sepeerti apapun akan diperlukan jika itu dianggap tepat merangsang minat siswa untuk belajar di dalam kelas.
Gaya mengajar dalam hal ini dituntut mudah dalam berkomunikasi. Siswa yang berminat belajar rendah lebih suka dengan gaya berbahasa guru yang tidak terlalu formal, humoris dan menggunakan gaya bahasa anak muda sekarang .

4. Media belajar yang unik
Media belajar adalah alat dan bahan untuk menyampaikan pesan informasi pelajaran kepada siswa. Media belajar tidak perlu mahal dan canggih. Anak yang kurang minat belajar, sederhana apapun itu media akan tetap menarik baginya. Yang penting adalah bagaimana guru membuat dan menggunakan media secara unik untuk menarik siswa.

5. Suasana belajar menyenangkan
Suasana kurang minat belajar adalah tidak selalu serius, humoris dan gembira. Bagaimana menciptakan suasana gembira? Disinilah seni tersendiri bagi guru menciptakan suasana dan kondisi yang mampu membangkitkan minat siswa sesuai dengan kondisi di kelas.

6. Materi dikaitkan dengan pengalaman siswa
Poin ini sangat berpengaruh pada minat siswa untuk belajar. Pengaitan materi belajar dengan pengalaman siswa sehari-hari akan merangsang minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Sebagai contoh ,Denyut jantung, pernapasan, keseimbangan tubuh siswa telah diatur oleh saraf pusat (otak), napas ‘ngos-ngosan’ sehabis olahraga merupakan hasil koordinasi antara otak dan sistem saraf lainnya mengaitkkan olahraga dengan materi biologi

Demikianlah Cara penting mengajar di kelas yang dihuni oleh siswa yang berkemauan belajar rendah. Semoga menjadi bahan Metode dan inspirasi guru yang menyenagkan ketika belajar bukan karena kita sebagai guru hanya menyampaikan materi namun harus bisa mendidik sepenuh hati

Ketik dan Tekan Enter